Jumat, Januari 02, 2009

FILSAFAT ILMU oleh kang Badrun

FILSAFAT ILMU Oleh: Kang Badrun

I. DEFINISI FILSAFAT ILMU
Istilah yang terdapat dalam kepustakaan asing

philosophy of science (filsafat ilmu)
theory of science (teori ilmu)
metascience (adi-ilmu)
methodology (metodologi)
science of science (ilmu tentang ilmu)

A. Robert Ackermann
Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah sebuah tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingan terhadap pendapat-pendapat lampau yang telah dibuktikan

B. Cornelius Benjamin
Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan telaah sistematis mengenai sifat dasar ilmu, khususnya metode­metodenya, konsep-konsepnya dan pra anggapan­ pra anggapannya, serta letaknya dalam kerangka Ilmu secara umum.

C. May Brodbeck
The ethically and philosophically neutral analysis, description, and clarification of the foundations of science (Analisis yang netral secara etis dan filsafati, pelukisan, dan penjelasan mengenai landasan‑landasan ilmu)

D. A. R. Lacey
The study of how science works, or should work.
The Liang Gie
Filsafat ilmu adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan‑persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia.

II. Manfaat Filsafat Ilmu
Bermanfaat bagi lahir, tumbuh, dan kokohnya ilmu.
Dapat mensistematiskan, meletakkan dasar, dan memberi arah kepada perkembangan suatu ilmu maupun usaha penelitian dari para ilmuwan untuk mengembangkan ilmu।


SUMBER: Di Adobsi dari materi Kuliyah Filsafat Ilmu pada Fakultas Tarbiyah P.A.I SMT III, I.A.I.N Sunan Ampel Surarabaya. Prog. Kuwalifikasi Guru MADIN Di S.T.I.T. Muhammadiyah Bojonegoro Yang di sampaikan Oleh Bpk. Khoirun Niam.