Selasa, Januari 04, 2022

FATHUL ULUM

"FATHUL ULUM" adalah nama dari sebuah lembaga pendidikan yang bercorak religius (Madrasah Diniyah).

Yang di dirikan oleh hamba Alloh yang mempunyai keinginan/cita-cita menegakkan agama Alloh di muka bumi ini kususnya di Dk. jipangulu Kec. Margomulyo Kab. Bojonegoro Jawa Timur.

Yang mana jipangulu di maksut pada awal berdirinya bahkan jauh sebelum nya sangat akrab dengan yang namannya Syirik.

Hal ini terbukti dengan adanya ritual Nyekar, Suran, Nyadran dll, di tempat-tempat yang di anggap keramat oleh warga masyarakat di Dk. Jipangulu. 

Hal di atas adalah beberapa aktifitas yang sudah menjadi suatu keharusan bagi hampir semua warga, alias barang siapa yang tidak melakukannya maka Dia akan di bendu (di kutuk) oleh Mbah “Danyang Jipangulu” (katenye embah2 Biyen).

Bahkan sampai mereka berani untuk tidak makan dan berhutang kepada orang lain demi untuk memenuhi persaratan sesajen yang telah di tetapkan Oleh sang “Danyang” ( Sekali lagi katanya ) Tragiskan ??????????????.

Sejahat itukah Mbah “Danyang” kepada Cu2nye he…he…he????????????

Berkah Rohmat Alloh SWT, Ahirnya Alloh menggerakkan sekaligus memberikan hidayah kepada seorang hambanya untuk mengasah Ilmu Agama, dengan Satu Harapan kelak di kemudian hari dapat untuk menyibak kegelapan yang menyelimuti Qolbu mahluq-mahluqnya yang berada di Jagad jipangulu.

Sampailah hamba Alloh tersebut di sebuah Lembaga Pendidikan Agama Yang beada di desa Nglingi Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro yang merupakan awal bagi hamba Alloh tersebut untuk membersihkan diri dari noda-noda syirik, atas jasa seseorang yang bernama Bpk. Nuruddin.

Setelah beberaba waktu, Modal dasar pengetahuan Agama di dapatkan dari “Assakuriyah” di bawah Asuuhan beberapa Kiyai yang ‘Alim di Antaranya K.H Misbah Syakur, K.H. Marzuqi Syakur, K. Mahfudz Tasmiran dan beberapa kiyai yang lain yang tidak bisa kami sebutkan di sini.

Alloh mempunyai ketetapan lain Untuk Hambanya tersebut.

Pesantren Darus Salam Dk. Jajar Ds. Sumber Gayam Kec. Durenan Kab. Trenggalek Jawa Timur, Di Asrama Al-Firdaus F4.

Lagi-lagi Alloh menempa hambanya tadi dengan berbagai Ilmu Agama Di bawah asuhan syaihinal kirom K.H. Ahmad Yunus wa ahli baitihi wa minha al-Karim Gus Fahrur Rozi Nafa’anallohu bihim wa bi ‘ulumihim fi daroin amin beserta maasyirol asatid khususon My faforit teacher Bpk. Ust. Imam Muhtar n Bpk. Ust. Romdhon.

Dalam Rentang waktu yang tidak terlalu lama lagi-lagi ketetapan Alloh tak dapat terjangkau Oleh logika manusia.

Pesantren Kwagean “FATHUL ULUM” Kec. Pare Kab. Kediri Jawa Timur dengan Kiyainya yang terkenal K.H. Abdul Hanan Ma’sum menjadi sasana penggemblengan hambanya yang masih dungu dan bebal itu.

Dan ternyata di situlah Hamba Alloh tersebut Mulai dapat “NGGALIH ROSO” menemukan jati diri dari balik untaian mutiara hikmah dari wejangan-wejangan Kiyai Hanan.

Dalam tempo yang tak terlalu lama kurang lebih dua tahun Ahirnya perubahan ketetapan Alloh mulai berlaku lagi.

Jeritan warga Jipangulu yang terbalut oleh kesombongan dan keangkuhan Syirik, Memanggil hamba Alloh untuk memberikan seberkas sinar terang guna mengusir kegelapan yang menyelimuti Jiwa Dan Raga mereka.