Senin, Juni 08, 2020

Ini Jawaban Seperti Apa Rupa para Nabi

Ketika Rasulullah SAW melakukan isra' mi'raj bertemu dengan Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Ibrahim. Kemudian beliau menceritakan rupa dari para Nabi tersebut.

Sebelum Rasullalah SAW di utus oleh Allah SWT, banyak sekali nabi yang diutus oleh Allah untuk membawa ajaran tauhid. Hanya untuk menyembah satu Tuhan, Allah SWT.

Para nabi hidup di masa jauh sebelum Rasulllah SAW hidup. Lantas bagaimana rupa dan wajah para nabi tersebut?

Dalam sebuah hadist menceritakan ketika Rasulullah SAW melakukan isra' mi'raj bertemu dengan Nabi Musa, Nabi Isa, dan Nabi Ibrahim. Kemudian beliau menceritakan rupa dari para Nabi tersebut.

"...Setelah itu aku diperlihatkan sejumlah nabi. Di sana aku melihat nabi Musa. Beliau adalah contoh seorang pria yang memiliki postur yang tegap (yakni besar dan kekar). Kemudian aku melihat nabi Isa bin Maryam, setelah aku amati dari dekat wajah beliau sangat mirip dengan Urwah bin Mas'ud. Kemudian aku melihat nabi Ibrahim, dan ketika aku amati dari dekat wajah beliau mirip dengan orang yang bersama kalian ini (yakni dengan diri Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)." (Hadist riwayat Imam Ahmad dari Sayyidina Jabir RA)

Rasulullah SAW bersabda:

"Saat itu aku berjumpa dengan Nabi Isa bin Maryam, Nabi Musa, dan Nabi Ibrahim. Adapun Nabi Isa, beliau mempunyai warna kulit yang kemerahan, berambut ikal, dan dada yang membusung. Sedangkan Nabi Musa memiliki warna kulit yang gelap, bertubuh tegap, dan rambut yang panjang. Lalu para sahabat kembali bertanya, "Bagaimana dengan Nabi Ibrahim?" Rasulullah SAW menjawab, "Lihatlah sahabat kalian ini. (yakni, mirip dengan Nabi Muhammad Sendiri)." (Hadits riwayat Imam Ahmad)

Itulah rupa wajah beberapa nabi yang telah digambarkan oleh Rasulullah SAW ketika melakukan perjalanan mi'raj. (Ism) 

Sumber :
http://m.dream.co.id/jejak/ini-jawaban-seperti-apa-rupa-wajah-para-nabi-151023s.html