Sabtu, November 07, 2015

AYAT KURSI DAN KEUTAMAANNYA


اللّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA'KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA'U 'INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA'LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN 'ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI'A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL 'ALIYYUL ADZHIIM

Diantara keutamaannya adalah :

1. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Paling utamanya Al-Quran adalah surat Al-Baqarah. Dan paling agungnya ayat di dalamnya adalah ayat kursi. Sesungguhnya setan (syaitan) niscaya akan lari dari sebuah rumah yang di dalamnya dibaca surat Al-Baqarah."

2. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Barangsiapa yang membaca ayat Kursi setelah shalat fardhu, maka tidak ada yang mencegah dia dari masuk surga kecuali kematian. Dan tidak ada yang rajin membacanya kecuali orang yang jujur dan ahli ibadah. Barangsiapa yang membacanya ketika hendak tidur maka Allah memberi keamanan baginya, bagi tetangganya, dan tetangganya tetangga, dan rumah-rumah disekitarnya. "

3. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Apabila kamu hendak tidur, bacalah ayat kursi karena itu akan membuatmu pendapat penjagaan Allah dan tidak didekati setan sampai pagi."

4. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Tidak dibaca ayat kursi ini di suatu rumah kecuali ia akan mencegah setan memasuki rumah tersebut selama 30 hari. Dan tidak kemasukan tukang sihir selama 40 hari. "

5. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Barang Siapa yang membaca Ayat Kursi saat hendak tidur maka diutuslah malaikat padanya untuk menjaganya sampai pagi."

6. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Barang Siapa yang membaca kedua ayat ini saat malanm, maka keduanya akan menjaga orang itu sampai pagi. Apabila membaca keduanya saat pagi, maka ia akan terpelihara sampai petang. Yaitu Ayat Kursi dan awal hamim al mu'minun sampai ilaihil mashiir. "

7. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" Pemimpin manusia adalah Adam, pemimpin Arab adalah Muhammad, pemimpin Persia adalah Sulaiman, pemimpin Rum adalah Suhaib, pemimpin Habasyah adalah Bilal, pemimpin hari adalah Jum'at, pemimpin kalimat adalah Al Quran, pemimpin Quran adalah Surah Al Baqarah, dan pemimpin Al-Baqarah adalah Ayat Kursi."

8. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda:
" Wahai Abu Mundzir, apakah engkau tahu ayat apa yang terdapat di dalam Kitab Allah yang ada pada dirimu yang paling agung ?”
aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui."
Beliaupun menanyakan lagi : “ Wahai Abu Mundzir, apakah engkau tahu ayat apa yang terdapat di dalam Kitab Allah yang ada pada dirimu yang paling agung ?
Kemudian aku menjawab, “Allahu La ilaha Illallah huwa al-Hayyu al-Qayyum (Ayat kursi) ."
Maka beliau menepuk dadaku seraya mengatakan : “Selamat bagimu wahai Abu Mundzir dengan ilmumu."

9. Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" wahai Ali, Ajarkan Ayat Kursi pada anak, istri dan tetanggamu. Tidak ada ayat yang pernah diturunkan yang lebih agung dari Ayat Kursi."
Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" segala sesuatu mempunyai puncak, puncaknya alqur'ana dalah surat al baqoroh didalam surat al baqoroh terdapat satu ayat yg menjadi pemimpin ayat2 qur'an yaitu ayat kursi. "

wallohu a'lam

sumber : kitab tafsir al kabir, tafsir Ibnu katsir dan tafsir an nasafi
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1475313319444452&id=100008973944400