Kamis, November 19, 2015

Alasan Warna Hijau Selalu Dikaitkan Dengan Islam

Warna hijau sering kali disangkut pautkan dengan hal-hal religi yaitu Islam. Setiap kali melihat brosur mengenai Islam seperti naik haji dan lain sebagainya, tak jarang mereka memilih warna hijau sebagai dasarnya.

Ternyata, warna hijau adalah warna yang disukai oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam. Ibnu Hajjar dalam Tanbih Al Akhbar mengatakan: “Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Adapun warna hijau adalah afdhal daripada warna lainnya sesudah putih.”

Dalam Al-Quran surga pun digambarkan memiliki warna hijau yang menyejukan mata, pun jika dilihat dari jauh.

“..kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.”  (Ar Rahman 64)

Selain itu, hijau juga digambarkan sebagai warna pakaian para penghuni surga. Ini tertulis dalam Al-Quran seagai mukzijat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat-istirahat yang indah.” (Al-Kahfi 31)

Masya Allah, itulah beberapa alasan mengapa Islam sering di gambarkan dengan warna hijau yang sejuk

Sumber : http://m.dailymoslem.com/news/alasan-warna-hijau-selalu-dikaitkan-dengan-islam